Lewat Aplikasi Jual Foto, Cara Mudah Dapatkan Duit

Buat kamu yang memiliki hobi fotografi, saat ini aplikasi jual foto bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Kumpulkan dan jual beragam hasil jepretanmu dalam sejumlah platform, untuk mendapatkan uang yang menjanjikan.

Dalam menciptakan hasil karya yang bagus, kamu tidak perlu khawatir harus menjadi fotografer lengkap dengan kamera DSLR canggih. Pasalnya, gambar fotografi berkualitas saat ini dapat tercipta melalui kamera smartphone yang kamu miliki.

Kamera smartphone dengan resolusi bagus, saat ini menjadi fitur wajib dan harus disediakan oleh produsen handphone. Dengan kondisi demikian, hampir semua orang sudah mampu memotret banyak objek dengan hasil menakjubkan.

Untuk melatih skill fotografimu agar berkembang lebih baik dan memberimu pemasukan tambahan, kamu bisa menjual hasil potretan pada aplikasi jual foto. Sehingga jepretan gambar koleksi dapat lebih bermanfaat tidak sekedar memenuhi ruang penyimpanan handphone saja.

Platform satu ini dirancang khusus untuk menerima penjualan foto yang sudah kamu ambil sebelumnya. Gambar yang dijual akan mendapatkan harga bervariasi mulai dari harga tinggi hingga standar, tergantung pada kualitas gambar dihasilkan.

Sebagai kabar baiknya, aplikasi ini semuanya gratis dengan kemungkinan menghasilkan uang cukup banyak. Agar tidak penasaran platform apa saja yang dapat digunakan, berikut rekomendasi dan ulasannya. Jangan lupa coba dan pilih platform paling maksimal.

Aplikasi Jual Foto Terbaik, Ini Dia Rekomendasi untuk kamu

Saat ini ada banyak sekali platform yang dapat digunakan dan manfaatkan untuk menjual hasil potretan kamera smartphone. Aplikasi ini dapat dipasang pada beragam jenis ponsel, sesuaikan dengan kebutuhan.

Foap – Sell Your Photos (Play Store)

foap apk

Sesuai dengan namanya, Foap merupakan aplikasi untuk menjual produk fotografi. Saat memilih menjual gambar potretan pada platform ini, komisi sebesar 50 persen akan langsung didapatkan.

Terdapat banyak kompetisi dan bisa diikuti pengguna, untuk memenangkannya kamu hanya perlu mengeluarkan gambar atau video terbaik dengan resolusi minimal 1.280 x 960 pixel. Jika memenangkan kompetisi, kamu akan mendapatkan hadiah besar hingga ratusan dolar.

Shutterstock Contributor (Play Store)

Shutterstock Contributor

Sebagai salah satu aplikasi jual foto populer yang telah digunakan oleh banyak pengguna, caranya dengan mendaftar sebagai kontributor di Shutterstock Contributor. Dari hasil penjualan, pengguna akan mendapatkan keuntungan hingga 30 persen.

Snapwire (snapwire.co)

Snapwire studio

Jika kamu merupakan pengguna iPhone atau gadget Apple lainnya, Snapwire merupakan aplikasi jual foto paling direkomendasikan. Pada setiap produk gambar, nantinya kamu akan mendapat komisi hingga 50%.

Jika menginginkan penghasilan lebih besar, kamu hanya perlu menyelesaikan setiap tantangan yang diberikan. Salah satu keuntungan menggunakan platform ini, hak cipta karya masih melekat walaupun telah dibayar.

EyeEm (Play Store)

EyeEm

Aplikasi basis mobile yang telah terbukti digunakan lebih dari 10 juta orang seluruh dunia dan nyata menghasilkan uang. Selama hasil foto sempurna, maka akan langsung diterima dengan harga penjualan tinggi.

Tidak ada batasan antara fotografer profesional maupun fotografi biasa, karena semua kontributor dalam platform jual gambar ini akan dibayar. Tidak heran para kontributor biasanya dapat menghasilkan uang dalam jumlah besar dan fantastis.

Agora (Play Store)

agora foto sell

Untuk mendapatkan 100% hasil dari penjualan foto, dapat memilih aplikasi Agora. Saat menggunakannya, kontributor bahkan masih tetap memiliki hak cipta atas karya yang dijual. Caranya gampang, hanya perlu mengunduh aplikasi pada play store lalu daftar.

Namun untuk menentukan besaran penghasilan didapat, ada beberapa tingkatan tersendiri bagi setiap anggotanya. Mulai dari junior advance, pro hingga tingkatan master. Dimana setiap tingkatan berpengaruh terhadap masing-masing pendapatan.

Bagaimana Cara Penggunaan Aplikasi Jual Foto?

sell photography
Bagaimana cara menjual foto online? (image: spotify)

Sebelum memutuskan platform apa yang hendak dipakai untuk menjual beragam jenis gambar, penting untuk memperhatikan beberapa hal. Cara sederhana ini sangat bermanfaat untuk memaksimalkan penggunaan, agar penghasilan yang didapat besar.

Lakukan proses penyuntingan gambar sebagai langkah pertama sebelum melakukan penjualan. Proses editing penting dilakukan agar jepretan foto yang diambil semakin sempurna. Lakukan proses sesuai tema dibutuhkan, asal tidak merubah gambar asli secara besar-besaran.

Lakukan proses penyuntingan hanya untuk menyesuaikan pencahayaan atau memberi efek tertentu saja. Karena setiap aplikasi jual foto biasanya memiliki selera berbeda, usahakan selalu menyesuaikan penjualan produk fotografi sesuai selera aplikasi.

Jika tidak ada aturan secara langsung, kamu dapat mengetahui selera konsumen setelah proses editing hingga upload. Lihat foto apa saja yang sering disetujui, dan hindari gambar yang sering terkena reject atau penolakan.

Namun alangkah baiknya sebelum memilih dan menentukan sendiri gambar seperti apa yang hendak diambil, kamu perlu melakukan proses riset terlebih dahulu. Usahakan membuat jepretan dengan tema, disesuaikan dengan minat pengguna aplikasi jual foto tersebut.

Bagi platform yang mengharuskan memasang harga sendiri, kami sarankan kamu memasang harga wajar. Sehingga tidak dianggap main-main serta tidak terlalu membebani. Terkecuali karya eksklusif dan sangat indah, tidak masalah jika ingin memasang harga tinggi.

Sebagai langkah menghindari tindakan kriminal, segera lakukan proses pencairan pendapatan sesuai syarat atau batas di awal. Sehingga kemungkinan situs bangkrut atau terkena hack, yang berimbas pada sulitnya pengambilan uang dapat diantisipasi.

Tips Wajib Saat Menjual Foto Online, Dijamin Laris

Salah satu tantangan bagi para fotografer yang hendak menjual karyanya melalui aplikasi jual foto, adalah mencari peminat atau sasaran pasar. Kamu tentu tidak ingin sudah capek potret sana sini, namun tidak banyak peminatnya. Berikut tips agar karya laku dan laris manis, simak.

  1. Banyak Dicari Konsumen

Lakukan strategi jitu agar maksimal menarik minat konsumen, jangan buang waktu mengambil gambar yang sepi peminat. Cobalah memposisikan diri sebagai konsumen, agar dapat memetakan gambar potensial dan perlu di ambil.

Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan fitur Google Trends, sebagai langkah kombinasi. Google Trends akan membantu kamu untuk menganalisis topik-topik yang tengah trending dan paling banyak diminati masyarakat.

  1. Manfaatkan Aplikasi Editing Gambar

Saat memutuskan hendak terjun pada aplikasi jual foto, sebagai fotografer kamu harus akrab dengan beragam aplikasi editing. Di sini dapat bebas mengatur saturasi, kontras, brightness dan lainnya untuk membangun feel gambar sesuai keinginan.

  1. Lakukan Optimalisasi

Agar gambar hasil jepretan lebih maksimal terlihat di Google, gunakan teknik SEO. Semua gambar kamu bisa dilakukan optimalisasi, sehingga lebih lama algoritma Google dan website akan naik pada peringkat teratas pencarian.

  1. Selalu Konsisten

Konsisten adalah langkah terakhir dan harus dilakukan jika ingin menjadi fotografer handal dengan banyak peminat. Jangan ragu untuk melakukan karya dan konsisten mengupload karya, sebagai bagian menambah konsumen khususnya pada aplikasi jual foto.

Manfaatkan berbagai event besar, fenomena unik, objek menarik dan sebagainya agar meningkatkan jam terbang fotografi. Kembangkan angel foto dan kualitas resolusi bagus, dengan konsisten untuk membangun kepercayaan konsumen.

Strategi Promosi Produk Pada Bisnis Fotografi Online, Penjualan Dijamin Maksimal

Agar lebih moncer, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk mempromosikan produk fotografi kamu. Dengan menerapkan strategi yang tepat, akan berimbas pada sistem penjualan secara maksimal sehingga memberikan pendapatan tinggi.

Para pelanggan biasanya akan membeli gambar profesional dengan tingkat kualitas yang lebih baik dibandingkan jepretan buatan sendiri. Oleh karena itu untuk menarik pelanggan pada aplikasi jual foto, kamu perlu melakukan peningkatan kualitas gambar.

Suatu foto akan jauh lebih berkualitas dengan melakukan pengeditan dan perbaikan kualitas gambar. Kamu dapat menggunakan software seperti Photoshop agar lebih menonjol, namun tidak menggunakan filter secara berlebihan.

Gunakan keyword secara tepat pada gambar kamu, sehingga mudah dicari dan ditemukan oleh audiens. Sekaligus menaikkan rating gambar pada hasil pencarian dan membantu mencocokkan dengan niche secara relevan.

Fokus pada detail gambar terutama isi kejernihan dan ketajaman, untuk menonjolkan kamu. Sebelum menjual pada aplikasi jual foto, selalu pastikan legalitas dan mengantongi izin resmi pada karya fotografi kamu.

Selalu fokus pada keinginan pelanggan, dengan melihat halaman populer dan tengah digemari orang-orang. Lalu selalu ikuti trend terbaru, agar menghindari adanya konten stock yang umumnya kurang menjual.

Aktif bersosial media dan temukan inspirasi dalam berkarya fotografi. Jangan lupa untuk membangun brand sebagai proses kunci menjalankan bisnis secara online. Temukan niche dan sempurnakan karya dengan spesialisasi, agar pelanggan karya mudah dikenali.

Pentingnya Menentukan Niche Fotografi, Sebelum Menjualnya di Aplikasi Jual Foto

Salah satu produk digital dan paling berpotensi memberikan keuntungan besar adalah melakukan penjualan gambar pada platform online. Jika kamu memiliki hobi fotografi, bisnis online satu ini akan terasa sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Sebagai langkah pertama kamu harus menemukan audience yang tepat. Agar dapat menemukan audience yang cocok dan tepat, diperlukan pemilihan spesialisasi produk fotografi kamu.

Tidak perlu khawatir jika belum bisa menentukan niche pada produk fotografi kamu, sehingga bingung ketika hendak melakukan penjualan pada aplikasi jual foto. Kamu hanya perlu melakukan beberapa eksperimen atau percobaan, dengan berbagi gaya fotografi.

Jangan lupa untuk melakukan riset mengenai apa trend fotografi, tengah populer dan diminati oleh masyarakat saat ini. Barulah setelahnya kamu dapat menentukan apa jenis gambar paling dicari oleh klien, di pasaran (online terutama).

Lakukan juga riset keyword, untuk melakukan analisis mengenai volume pencarian gaya fotografi. Strategi satu ini sangatlah bagus dalam menentukan niche paling menguntungkan bagi kamu sebagai fotografer.

Kamu dapat melakukan ide foto orang dengan potret candid, objek ini sangat cocok untuk kebutuhan umum website, poster hingga billboard. Juga dapat digunakan sebagai stok foto untuk website sekolah, hingga institusi pemerintah.

Gambar bertema kantor cocok untuk website dan promosi, genre still-life makanan untuk penggunaan komersial ragam bisnis, gedung ikonik arsitektur, atau foto satu objek. Kamu juga dapat memilih gambar tema alam, pemandangan, atau bunga populer untuk pariwisata.

Pilih Platform Aplikasi Jual Foto Secara Tepat, Segera Berkarya

Setelah melihat rekomendasi beberapa platform guna melakukan penjualan karya fotografi, langkah selanjutnya adalah proses action nya. Pilihlah platform yang menurut pertimbangan kamu paling sesuai dan ideal untuk menjembatani kebutuhan.

Secara garis besar platform untuk menjual gambar fotografi secara online, terbagi menjadi kategori website fotografi stock dan non-stock. Platform website stock foto, dapat menjadi salah satu pilihan paling mudah.

Walaupun memiliki batasan seperti harus mematuhi aturan resolusi gambar, lisensi, tema hingga peralatan gambar. Dan juga harus membagi hasil pada setiap penjualan gambar sesuai aturan di awal, kepada platform aplikasi jual foto tersebut.

Kamu dapat lebih bebas mengontrol gambar dan branding, saat memilih platform e-commerce fotografi non stock. Gambar apapun dapat dijual dengan berbagai format gambar, bebas menetapkan harga sendiri asal tetap mengikuti pedoman komunitas.

Sebagai gambaran kekurangannya, kamu harus menangani sendiri teknis penjualan dan promosi gambar. Dibutuhkan waktu relatif lebih lama saat menjual satu gambar, namun dengan peluang keuntungan lebih besar juga.

Sementara untuk pembayaran ke duanya terdapat perbedaan, platform photography stock memberi pembayaran satu kali perbulan setelah mengumpulkan jumlah penghasilan tertentu. Sementara platform nonstock akan memberi pembayaran, setelah berhasil menjual produk.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, kamu bebas untuk menentukan platform mana yang akan digunakan nantinya. Terakhir, cobalah untuk menawarkan karya foto berkualitas dan menarik milik kamu pada aplikasi jual foto.

Sumber : https://www.teknobgt.com/26422/aplikasi-jual-foto.html