Aplikasi KTP Digital Bisa Dikases Hanya Lewat Hanphone

Pemerintah akan mulai meluncurkan aplikasi KTP digital yang semakin memudahkan masyarakat. Jadi tidak perlu repot membawa dalam bentuk fisiknya, namun secara digital sudah bisa diakses hanya dengan memakai gadget saja.

Dalam waktu ke depannya, rencananya ini akan terealisasikan kepada seluruh waga negara Indonesia. Cukup dengan membuka aplikasinya, KTP sudah bisa diakses dengan mudah dan bisa dibawa kapanpun tanpa takut hilang.

KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan bukti kepemilikan sebagai warga Indonesia. Dengan adanya perkembangan teknologi tersebut, memicu adanya bentuk secara digital. Hanya dengan memindai memakai QR kode, sudah bisa diakses.

Kehadirannya tentu memberi kemudahan bagi masyarakat, kerap kali mereka lupa membawa bukti fisiknya. Atau tertinggal di rumah di dalam dompet, sementara ia sedang keluar, tentunya cukup menyulitkan.

Bentuk Digitalnya Punya Kartu Chip

Akses EKTP DIGITAL

Aplikasi KTP digital memiliki kartu chip di dalamnya berbasis mokroprosesor. Dengan adanya kartu pintar tersebut, metode pangamanan data juga terjamin. Berbentuk autentifikasi antar chip dalam proses pengamanannnya.

Chip tersebut ternyata memiliki fungsinya, digunakan untuk menjaga kerahasiaan data yang terenkripsi dengan tanda tangan digital. KTP nya juga anti klonik, sehingga bagi masyarakat tak perlu merasa khawatir dengan kemunculannya.

Tidak perlu ragu ataupun takut juga karena keberadaan chip ini menyimpan data pribadi pemilik, tanda tangan, pas foto, maupun data sidik jari. Seluruh data akan tersimpan rapi dalam chip.

Sewaktu masyarakat melakukan proses perekaman pembuatan kartu tanda penduduk. Tentunya dengan adanya hal ini semakin membantu masyarakat dan tidak perlu khawatir jika data pribadinya diakses orang lain.

Chip Menjaga Kerahasiaan Data Diri

Aplikasi KTP digital di dalamnya memiliki sebuah chip yang dicetak pada permukaan kartunya. Berbahan dasar polyethylene dengan tujuh layer, sehingga dapat dilakukan adanya pencegahan terkait penyalahgunaan e-KTP.

Diperlukan juga fitur keamanaan dengan memperhatikan berbagai hal. Fitur yang dimaksud ialah daya tahan pada tekanan, terhadap cuaca panas ataupun dingin, atau pada bahan kimia tertentu.

Sementara itu, jika keamanan terkait dengan perlindungan privasi data pribadi seseorang. Sudah bisa dikatakan aman leeat perlindungan chip yang terletak pada bagian permukaan kartu tanda penduduknya.

Lewat adanya aplikasi KTP digital juga memberikan kenyamanan karena tidak takut jika terjadi selip pada kartu fisiknya. Kamu juga akan dimudahkan jika nantinya sudah diluncurkan pemakaiannya di seluruh Indonesia.

Ukuran Fisik Aplikasi KTP Digital

Infografik Ujicoba E-ktp Digital Antaranews

Ukuran fisik dalam memanfaatkan keamanan kartunya, dapat dibuktikan dengan peletakan chip. Namun untuk ukuran keamanan, ditinjau dari metode biometric. Pemakaian teknologi tersebut bisa dilakukan identifikasi diri terkait hak kepemilikannya.

Identifikasi diri dilakukan melalui NIK atau nomor induk kependudukan yang diambil sewaktu memulai perekaman pembuatan fisiknya. Jadi pada saat perekaman, data diri masyarakat akan dilihat dan disimpan hasilnya.

Data diri ini yang kemudian diletakkan pada kartu tanda penduduk. Hal ini guna memberikan kemudahan dalam membuatnya dan tidak mudah lupa, serta file data dari masyarakatnya masih tersimpan.

Kabar membahagiakan ini turut disenangi dan harus disambut baik oleh masyarakat. Karena ini menjadi solusi agar masyarakat tidak perlu susah-susah membawanya semisal ketika nanti dibutuhkan.

Tujuan Pembuatan KTP Versi Digital

Mungkin bagi sebagian orang masih merasa bingung mengapa dibuat secara digitalnya. Nyatanya semua dibuat dengan tujuan berdasarkan kebutuhan masyarakat, jadi tidak asal dalam proses pembuatan.

Selain itu, aplikasi KTP digital sengaja dibuat untuk mempermudah dan mempercepat berbagai transaksi dalam mengakses salayan publik. Namun, dalam bentuknya yang digital lewat aplikasi dan bukan secara fisik.

Keamanan data identitas pemiliknya memakai sistem autetifikasi. Jadi tidak akan ada bukti pemalsudan data, dan kemungkinan tersebut dapat dihindari dengan mudah. Kehadirannya yang bukan bentuk cetakan memudahkan saat dibawa.

Selain itu, data yang tersimpan di dalam gadget masing-masing warga sudah bisa terlihat. Tidak perlu dibawa kemana-mana, apalagi khawatir hilang, serta alam dalam proses mengurusnya, dengan digital lebih memudahkan bukan?

Tidak Perlu Takut Jika Data Hilang

Tak perlu merasa risau atau takut jika data pribadi hilang, karena akan ada solusi yang ditawarkan setelah disimpan dalam gadget masing-masing. Tentunya menghubungi Dukcapil setempat dengan mengirimnya pada gadget lainnya.

Aplikasi KTP digital memiliki pelengkap dalam penggunaan fiturnya yaitu diberikan kode QR. Pastinya hal ini menjadi identitas digital bagi siapapun yang nanti akan menjadi pemiliknya.

Oleh karena itu, meski perangkat gadget kamu hilang, jangan panik dulu. Tentunya kamu merasa takut jika data pribadi dimanfaatkan oleh orang yang tidak bisa bertanggungjawab.

Tenangkan diri dan rileks, data pribadi tidak akan hilang karena masih tetap ada. Jadi kepemilikan mengenai identitas seseorang tidak perlu dipersoalkan kembali. Hanya mengirimkannya ke perangkat lain, masalah bisa teratasi.

Manfaat Penggunaan KTP Digital untuk Masyarakat

Manfaat Penggunaan KTP Digital

Tentunya kehadiran dari aplikasi KTP digital memberikan beragam manfaat untuk masyarakat. Berikut ini akan kami jelaskan terkait dengan pemakaian dari kartu identitas penduduk dalam bentuk digitalnya.

  1. Sebagai identitas diri warga negara

Tentunya manfaat pertama yang sering dirasakan oleh masyarakat ialah sebagai kartu identitas diri. Hal ini berguna untuk mengurusi segala macam keperluan sewaktu kamu pergi ke suatu tempat.

Atau bahkan identitas dalam mengikuti pendidikan seperti perkuliahan. Pastinya informasi tentang diri kamu bakal dilihat melalui aplikasi KTP digital. Segala kebutuhan informasi terpenuhi dan kepentingan dapat terlaksanakan dengan sebagaimana mestinya.

Menggunakan pelayanan publik juga ditinjau dari kepemilikan identitasnya. Harus jelas asal usul kewarganegaraannya, supaya tidak menjadi warga yang anonim tanpa identitas dari seseorang yang tinggal di suatu negara.

  1. Memberikan dukungan pada perbankan

Manfaat selanjutnya dari penggunaannya karena dapat menjadi pendudung dalam proses beragam transaksi keuangan. Ketika kamu berada di bank, tentunya identitas kamu akan diminta agar jelas asalnya.

Aplikasi KTP digital akan mempermudah proses operasioanl dari perbankan maupun lembaga lainnya yang membutuhkan. Khususnya pada saat masyarakat ingin melakukan pembukaan rekening di suatu bagian perbankan.

Pemberian fasilitas kredit juga dapat dijalankan dengan persyaratan dan identitasnya jelas. Segala pelayanan dapat didapatkan asalkan memiliki sumber yang jelas. Hal tersebut tentunya menjadi kebutuhan masyarakat yang tidak bisa terlepaskan.

  1. Dapat menikmati beragam layanan

Dengan mengakses aplikasi KTP digital, kamu akan menikmati berbagai layanan yang tersedia. Tidak hanya perbankan saja, melainkan jenis pelayanan masyarakat lainnya dapat kamu peroleh dengan mudah.

Contohnya pada program pelayanan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Seperti layanan BPJS kesehatan atau pemberian raskin, subsidi, serta bantuan lainnya yang dapat meringankan masyarakat yang mengalami kesulitas perekonomian.

Beragam Fitur Tersedia dalam Aplikasi KTP

fitur aplikasi ektp digital
Kemudahan akses adalah salah satu keuntungan menggunakan KTP Digital (image: rtpintar.com)

Beragam fitur yang dihadirkan dalam aplikasi KTP digital nyatanya juga tidak hanya memudahkan pengguna atau masyarakat saja. Nyatanya juga dibekali dengan beberapa penggunaan yang terletak dalam menu utama.

Lewat kartu pintar yang berbasis teknologi modern tersebut, pengguna gadget bisa memakai dan memilih opsi menu sesuai kebutuhan. Beberapa menu di dalamnya seperti menu data keluarga dan dokumen kependudukan.

Selain itu, aplikasi KTP digital juga memuat hasil integrasi e-KTP seperti NPWM, vaksinasi, kepemilikan kendaraan, status kepegawaian. Serta masih banyak lagi fitur lainnya yang tersedia.

Bahkan disediakan kode QR agar pengguna gadget cukup melakukan scan dengan kode tersebut. Jadi akan menampilkan berbagai biodata atau riwayat dari si pemilik kartu pintar dan bisa dibaca dengan jelas.

Persyaratan Khusus Sebelum Mengakses Digitalnya

Setelah kamu mengetahui beragam manfaat, tujuan, dan kemudahan dari aplikasi KTP digital. Pastinya kamu juga merasa memiliki ketertarikan untuk mengetahui apa itu persyaratannya untuk bisa mengaksesnya.

Persyaratan yang harus dilakukan oleh masyarakat ialah kamu wajib memiliki hadphone, kemudian melakukan registrasi. Registrasi dapat dilakukan dengan mendaftarkan nomor handphone yang dipakai pada Dukcapil.

Selain itu, harus memiliki jaringan internet yang stabil dan tidak buruk. Jadi wilayah lokasi tempat kamu mengaksesnya itu harus mendukung jaringan internet. Bukan pada daerah pelosok yang tertinggal dengan teknologinya.

Persayaratan penting lainnya adalah harus bisa mengaksesnya dengan menggunakan handphone. Pada kalangan usia 40-50 tahun ke atas biasanya akan sulit mengakses karena perbedaan zaman yang ada pada masanya.

Bukti Fisik Masih Digunakan Meski Ada Onlinenya

Namun, bagaimana jika jaringan tidak mendukung dengan wilayah yang tidak ada akses internet untuk memakainya? Kamu tidak perlu risau karena jika berada pada daerah seperti itu, bentuk fisik bisa dipakai.

Jadi dalam bukti secara fisik masih bisa kamu gunakan, apalagi bagi masyarakat yang belum memenuhi persyaratan di atas, khususnya gaptek. Gaptek atau gagap teknologi ini akan menghambat proses mengaksesnya.

Meski pemerintah nantinya akan menyosialisasikan dan meluncurkan aplikasi KTP digital, namun penggunaan secara fisik dapat dipakai. Karena alasan Sebagian masyarakat yang gaptek, pemakaiannya masih terbatas.

Sekarang penggunaannya baru sampai tahapan uji coba di beberapa Kabupaten dan Kota. Untuk menyeluruh ke setiap daerah belum bisa dilakukan, ketika nanti jadi, masyarakat saling membantu untuk memberi tahu caranya.

Cara Mengunduh Aplikasi KTP Digital

Aplikasi PPID KEMENDAGRI

Download Aplikasi KTP DIGITAL

Bagi kamu, khususnya generasi milenial yang merasa tertarik dan ingin mengunduhnya. Langkah pertama harus kamu lakukan adalah dengan membuka Google Play Store. Kemudian pada kolom searching, cukup ketik nama aplikasinya.

Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga muncul aplikasi KTP digital, kamu langsung bisa mengunduhnya di handphone dengan klik tulisan instal. Jika sudah selesai, aplikasi bisa langsung digunakan dengan mudah.

Untuk mendaftarkannya, cukulakukan registrasi dengan mengisi induk KTP, email, dan nomor handphone. Kalau kamu sudah selesai mengisi, lakukan verifikasi data memakai teknologi face recognition guna mengenali wajah dari penggunanya.

Lalu kembali pada halaman utama, lakukan login dan berbagai data pribadi kamu akan muncul. Kemudahannya memberikan keringanan tanpa harus ribet membawa bukti fisiknya, karena kini gadget sudah menjadi kebutuhan primer.

Persamaan dan Perbedaan Antara Keduanya

Untuk bentuk fisik dengan versi online tentunya memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaannya pada pengisian identitas diri warga negara. Sementara perbedaannya yaitu terletak pada bukti fisik yang bisa dipegang dan tidak.

Selain itu, jika jenis fisiknya harus dilakukan fotocopy sedangkan yang digital tidak perlu. Kelebihan digitalnya juga tidak akan mengalami kehilangan dan tidak perlu proses lama jika handphonenya hilang.

Sedangkan pada versi fisiknya, jika kehilangan akan memerlukan waktu lama sampai pada proses pencetakan. Bentuk fisik juga kurang praktis karena harus disimpan dalam bentuk kartunya.

Jika bentuk digital memang dilakukan hal yang sama, tapi menyimpannya pada kartu pintar. Jadi praktis dan tidak perlu dilakukan pencetakan, serta sudah tersimpan pada setiap handphone pengguna.

Dari beberapa penjelasan di atas, kamu masih bisa mengakses dengan fisiknya atau bentuk digital. Sesuaikan berdasarkan kebutuhannya, dengan aplikasi KTP digital segala kepentingan menjadi lebih mudah.

Sumber : https://www.teknobgt.com/26754/aplikasi-ktp-digital.html